Rabu, 26 Oktober 2011

Sejarah Guitar akustik Dari masa ke masa

 Sejarah Gitar, 
musisi, musik, Gitar
Guitar acustic | Gitar akustik
Guitar/ Gitar akustik (dan instrumen serupa) dengan tubuh berongga, telah digunakan selama lebih dari seribu tahun lalu. Terdapat tiga jenis utama gitar akustik modern: gitar klasik (nylon-string gitar), gitar akustik string baja, dan gitar archtop. Nada dari sebuah Guitar/ Gitar akustik dihasilkan oleh getaran senar, yang diperkuat oleh tubuh gitar, berkerja sebagai ruang yang beresonansi. Gitar klasik sering dimainkan sebagai alat solo dengan menggunakan teknik fingerpicking komprehensif.

Sedangkan Gitar listrik, yang diperkenalkan pada tahun 1930-an, bergantung pada sebuah amplifier yang secara elektronik dapat memanipulasi nada. Sebelumnya gitar diperkuat dengan cara kerja tubuh berongga pada gitar, tetapi benda padat ditemukan lebih cocok. gitar listrik memiliki pengaruh besar melanjutkan budaya popularitas. Guitars diakui sebagai alat utama dalam genre seperti blues, bluegrass country, flamenco, jazz, Jota, mariachi, reggae, soul rock dan banyak dalam bentuk aliran pop.


Sejarah gitar klasik / akustik (acustic)
Ilustrasi dari Mazmur Carolingian dari abad ke-9, menunjukkan alat dipetik seperti gitar. Sebelum perkembangan gitar listrik dan penggunaan bahan sintetis, gitar didefinisikan sebagai suatu instrumen yang memiliki "leher, omel panjang, soundboard kayu datar, tulang rusuk, dan punggung datar, paling sering dengan sisi incurved". Istilah ini digunakan untuk merujuk kepada sejumlah instrumen terkait yang dikembangkan dan digunakan di Eropa dimulai sekitar pada abad ke-12 dan selanjutnya di Amerika. Instrumen adalah keturunan dari orang-orang yang ada di Asia Tengah dan India kuno . Untuk alas an lebih lanjut, gitar terkait dengan instrumen modern dari daerah ini, termasuk tanbur, Padi, dan sitar. Representasi tertua ikonografis dikenal instrumen yang menampilkan fitur-fitur penting dari gitar adalah batu berusia 3.300 tahun ukiran seorang penyair Het.
Gitar secara modern dan antesedennya, telah diterapkan pada berbagai cordophones sejak zaman kuno dan oleh karena itu  menyebabkan timbulnya kebingungan. Gitar secara kata Inggris adalah Guitar, Gitarre Jerman, dan Perancis guitare diadopsi dari guitarra Spanyol, yang berasal dari bahasa Arab Andalusia qitara قيثارةر sendiri berasal dari cithara Latin, yang pada gilirannya berasal dari kithara κιθάρα Yunani Kuno, dan diperkirakan pada akhirnya melacak kembali ke bahasa Persia Lama. Tar berarti string dalam bahasa Persia.
Meskipun kata gitar diturunkan dari kata Latin cithara, gitar modern itu sendiri umumnya tidak diyakini telah diturunkan dari instrumen Romawi. Banyak pengaruh dikutip sebagai pendahulu terhadap gitar modern. Salah satu pengaruh yang sering dikutip adalah hadirnya empat-string oud, yang diperkenalkan oleh bangsa Moor yang menyerang pada abad ke-8. Pengaruh lain yang disarankan adalah Lut Skandinavia enam-string (kecapi), yang mendapatkan popularitas di daerah serbuan bangsa Viking di abad pertengahan Eropa. Sering digambarkan dalam ukiran c. 800 AD, pahlawan Norse Gunther (juga dikenal sebagai Gunnar), memainkan kecapi dengan jari-jari kakinya saat ia terbaring sekarat di sebuah lubang-ular, dalam legenda Siegfried. Kemungkinan kombinasi dari pengaruh yang ada, mengarah pada penciptaan gitar yaitu instrument yang dipetik berasal dari seluruh Mediterania dan Eropa yang terkenal di Iberia sejak jaman dahulu.
Dua instrumen abad pertengahan yang disebut "Guitar" yang digunakan oleh 1200: para moresca guitarra (gitar Moor) dan guitarra latina (gitar Latin). Para moresca guitarra memiliki sisi belakang yang bundar, fingerboard lebar, dan beberapa soundholes. The guitarra latina memiliki soundhole tunggal dan leher yang sempit Pada abad ke-14 kualifikasi "moresca" dan "latina" telah dihapuskan. Dan kedua cordophones biasanya hanya disebut sebagai gitar. 
Vihuela Spanyol atau (dalam bahasa Italia) "viola da mano", sebuah instrumen gitar-seperti dari abad 15 dan 16, secara luas dianggap telah menjadi pengaruh mani dalam perkembangan gitar. Hal ini memiliki enam program (biasanya), tuning kecapi-seperti di perempat sedangkan tubuh seperti gitar, meskipun representasi awal mengungkapkan instrumen ini beebentuk potongan yang tajam pada pinggang. Itu pun lebih besar dari empat gitar kontemporer juga. Pada abad ke-15 akhir, beberapa vihuelas dimainkan dengan busur, mengarah ke pengembangan biola. Pada abad keenam belas konstruksi vihuela sudah lebih banyak kesamaan dengan gitar modern saat ini, dengan rusuk melengkung satu potong, dibandingkan dengan viols, dan lebih seperti versi yang lebih besar dari empat-perjalanan gitar kontemporer. vihuela hanya menikmati popularitasnya yang singkat di Spanyol dan Italia selama era yang didominasi di tempat lain di Eropa oleh kecapi, musik yang dipublikasikan terakhir yang masih bertahab untuk instrumen muncul di 1576. Sementara itu lima perkembangan gitar baroque, yang didokumentasikan di Spanyol dari pertengahan abad ke-16, menikmati popularitas, terutama di Spanyol, Italia dan Perancis dari akhir abad ke-16 hingga pertengahan abad ke 18.  Membingungkan., di Portugal, kata vihuela mengacu pada gitar, sedangkan guitarra berarti "gitar Portugis", berbagai cittern.
Tipe / Jenis Gitar akustik
1.  Acoustic guitars/Gitar akustik
Ada beberapa subkategori penting dalam kelompok gitar akustik yaitu:
·         gitar klasik dan flamenco;
·         gitar baja-string, yang meliputi flat-topped, atau "folk" gitar
·         gitar dua belas-string; dan 

·         gitar arched-top.
Kelompok gitar akustik juga termasuk unamplified gitar dirancang untuk bermain di register yang berbeda, seperti gitar bass akustik, yang memiliki tuning mirip dengan gitar bass listrik.

2.  Renaissance and Baroque guitars
Sejarah gitar Guitar classic | Sejarah gitar akustik |
 Sejarah Guitar acustic | Sejarah musisi
Renaissance and Baroque guitars
Ini adalah nenek moyang dari gitar klasik modern. Mereka secara substansial lebih kecil dan lebih lembut daripada gitar klasik, dan menghasilkan suara yang lebih lembut. Senar dipasangkan dalam susunan seperti pada gitar 12-string modern, tetapi mereka hanya memiliki susunan empat atau lima string bukan enam. Mereka lebih sering digunakan sebagai instrumen rythm dalam ansambel daripada sebagai instrumen solo, dan bisa dilihat perannya dalam awal pertunjukan musik. (Gaspar Sanz 'Instrucción de Musica sobre la Guitarra Española dari 1674 merupakan mayoritas korpus solo yang bertahan untuk era tersebut.) Gitar Renaissance dan Baroque mudah dibedakan karena gitar Renaissance sangat polos dan gitar Baroque banyak hiasannya, dengan gading atau kayu Inlays pada seluruh leher dan tubuh, dan kertas-potongan yang terbalik berbentuk "kue pengantin" di dalam lubang.

3.  Classical guitars
Sejarah gitar 
Guitar classic | Sejarah gitar akustik | Sejarah Guitar acustic | 
Sejarah musisi
Guitar acustic | Gitar akustik
Gitar klasik biasanya terangkai dengan string nilon, memetik dengan jari, bermain dalam posisi duduk dan digunakan untuk memainkan keragaman gaya musik termasuk musik-musik yang klasik. Lebar Gitar klasik, leher datarnya memungkinkan musisi untuk bermain secara sisik, arpeggio, dan bentuk-bentuk chord tertentu dengan lebih mudah dan dengan gangguan string yang kurang berdekatan dari pada gaya gitar yang lain. Gitar Flamenco adalah yang sangat mirip dalam segi konstruksi, tetapi dikaitkan dengan nada yang lebih perkusif. Di Meksiko, band mariachi populer mencakup berbagai bentuk gitar, dari requinto kecil untuk guitarrón itu, gitar yang lebih besar dari cello, yang disetel di bass register. Di Kolombia, kuartet tradisional mencakup berbagai instrumen juga, dari bandola kecil (kadang-kadang dikenal sebagai Deleuze-Guattari, untuk digunakan saat bepergian atau di ruang tertutup atau ruangan), Pada tiple sedikit lebih besardiabdingkan gitar klasik ukuran penuh. Requinto juga muncul di negara-negara Amerika Latin lainnya sebagai pelengkap anggota keluarga gitar, dengan ukuran dan sklala lebih kecil, yang memungkinkan proyeksi lebih untuk memainkan melodi tunggal secara berlapis. Dimensi modern instrumen klasik didirikan oleh pembalap Spanyol Antonio de Torres Jurado (1817-1892)

4.  Extended-range classical guitars
Sejarah gitar Guitar classic | Sejarah gitar 
akustik | Sejarah Guitar acustic | Sejarah musisi
Extended-range classical guitar
Sebuah gitar klasik Extended-range adalah gitar klasik dengan lebih dari 6 senar, biasanya sampai dengan 13.




















  







5.  Flamenco guitars
Sejarah gitar Guitar classic | 
Sejarah gitar akustik | Sejarah Guitar acustic | Sejarah musisi
Flamenco guitars
Gitar flamenco mirip dengan gitar klasik, tapi konstruksinya ringan, dengan tubuh cemara dan terlihat rapi pada bagian atas. Tuningnya berbentuk pasak seperti yang biola yang tradisional, meskipun banyak gitar flamenco modern memiliki kepala dengan mesin. Sebuah fitur yang membedakan dari semua gitar flamenco adalah pelat sadap (golpeadores) terpaku pada meja, untuk melindungi mereka terhadap keran kuku yang merupakan fitur penting dari gaya flamenco.
     Banyak solois modern (mengikuti jejak Paco de Lucía) memainkan apa yang disebut dengan Negra flamenca, hibrid dari flamenco dan konstruksi gitar klasik.

6.  Flat-top (baja-string) guitars
Sejarah gitar Guitar 
classic | Sejarah gitar akustik | Sejarah Guitar acustic | Sejarah 
musisi
Flat-top (baja-string) guitars
Serupa dengan gitar klasik, namun, dalam ukuran bervariasi dari Gitar dengan senar berbahan baja. ukuran tubuh biasanya secara signifikan lebih besar dari gitar klasik, dan lebih kecil/ sempit, diperkuat pada leher dan desain strukturnya. X-bracing yang menguatkan khas string-baja dikembangkan pada tahun 1840-an oleh luthiers Jerman-Amerika di antaranya CF Martin adalah yang paling dikenal. Awalnya digunakan pada instrumen gut-strung, kekuatan sistem memungkinkan gitar untuk menahan ketegangan tambahan senar baja yang ada pada saat ini, keuntungan kombinasi beruntung ini ada di awal abad 20. Senar baja menghasilkan nada cerah, dan menurut banyak pemain, suaranya keras. Gitar akustik digunakan dalam berbagai jenis musik termasuk folk, country, bluegrass, pop, jazz, and blues. Banyak variasi yang ada, kira-kira dari ukuran klasik OO dan Parlour sampai Dreadnought dan Jumbo . Ovation membuat variasi modern, dengan punggung bulat /sisi dimana perakitan dibentuk dari bahan buatan.

7.  Archtop guitars
Sejarah gitar Guitar classic | 
Sejarah gitar akustik | Sejarah Guitar acustic | Sejarah musisi
Archtop guitars
Gitar ini adalah instrument baja-string di mana bagian atas (dan juga sering di belakang) berasal dari instrumen yang diukir dari billet solid di dalamnya agak melengkung dari bentuknya yang datar, konstruksi biola-seperti ini biasanya dipakai di Amerika Orville Gibson (1856 - 1918). Lloyd Loar dari Gibson Mandolin-Guitar Co Mfg memperkenalkan desain inspirasi biola dengan lubang-f sekarang agar berhubungan dengan gitar archtop, setelah merancang gaya mandolin dari jenis yang sama. Gitar archtop khas memiliki ukurang besar, dalam, tubuh berongga yang bentuknya mirip seperti pada mandolin atau instrumen keluarga biola. Saat ini, archtops sebagian besar dilengkapi dengan pickup magnetik hal itu karena baik untuk akustik dan listrik. Lubang-F gitar archtop segera diterapkan pada rilis mereka baik pada musisi musisi jazz atau Country, namun tetap sangat populer dalam musik jazz, biasanya dengan string flatwound.

8.  Selmer-Maccaferri guitars
Sejarah gitar Guitar classic | 
Sejarah gitar akustik | Sejarah Guitar acustic | Sejarah musisi
Selmer-Maccaferri guitars
Ini biasanya dimainkan oleh mereka yang mengikuti gaya Django Reinhardt. Ini merupakan instrumen yang tidak biasa terlihat, dibedakan oleh badan yang cukup besar dengan squarish attack, dan Berbentuk "D" soundhole oval atau longitudinal. Stringnya berada di bagian ekor seperti gitar archtop, tetapi pada bagian atas berbentuk cemara tipis (seperti flat-top atau klasik) dipaksa menjadi kubah dangkal. Alat Ini juga memiliki fingerboard yang lebar dan kepalanya ditempatkan seperti gitar nilon-string. Volume keras dan nada yang menembus membuatnya cocok untuk bermain solo single-note dan seringkali digunakan sebagai alat utama dalam ayunan gipsi.

9.  Resonator, resophonic atau Dobro guitars
Sejarah gitar Guitar classic | 
Sejarah gitar akustik | Sejarah Guitar acustic | Sejarah musisi
Resonator, resophonic atau Dobro guitars
Ke-tiga jenis utama dari gitar resonator diciptakan oleh John Dopyera Slovak-Amerika (1893-1988) untuk National dan Dobro (Dopyera Brothers) perusahaan. Serupa dengan gitar pada umumnya dalam penampilan, tetapi dengan tubuh yang terbuat dari kuningan, nikel-perak, atau baja maupun kayu, suara dari gitar resonator dihasilkan oleh satu atau lebih suatu kerucut aluminium resonator yg dipasang di tengah pada bagian atas. Prinsip fisik gitar ini mirip dengan loudspeaker. Tujuan asli dari resonator ini adalah untuk menghasilkan suara yang sangat keras, kini sebagian besar telah digantikan oleh amplifikasi listrik, tapi gitar resonator masih dimainkan karena memiliki nada khas. gitar Resonator mungkin memiliki salah satu atau tiga kerucut resonator. Metode transmisi resonansi suara ke kerucut yang bersangkutan merupakan "biscuit" bridge, terbuat dari sepotong kecil kayu keras pada titik kerucut (Nationals), atau "spider" bridge, terbuat dari logam dan dipasang di pinggir kerucut (terbalik) (Dobros). resonator Tiga-kerucut selalu menggunakan bridge logam khusus. Jenis gitar resonator dengan leher dengan penampang berbentuk persegi di sebut "square neck atau "Hawaiian", biasanya dimainkan menghadap ke atas, di dudukan pangkuan pada pemainnya, dan sering dengan slide logam atau kaca. Gitar resonator leher bulat yang biasanya dimainkan dalam cara yang sama seperti gitar lainnya, meskipun slide juga sering digunakan, terutama pada aliran blues.

10. 12-string guitars
Sejarah gitar Guitar classic | 
Sejarah gitar akustik | Sejarah Guitar acustic | Sejarah musisi
12-string guitars
Gitar dua belas-string biasanya memiliki senar baja dan digunakan secara luas musik di-folk, blues, dan rock and roll. Daripada hanya memiliki enam senar, gitar 12-string memiliki enam program masing-masing  terdiri dari dua string, seperti mandolin atau kecapi. program tertinggi Keduanya ini disetel serempak, sementara yang lain disetel di oktaf. Gitar 12-string juga dibuat dalam bentuk listrik.



11. Rusiaan guitars
Sejarah gitar Guitar classic | 
Sejarah gitar akustik | Sejarah Guitar acustic | Sejarah musisi
Rusiaan guitars
Ketujuh-string gitar akustik adalah norma untuk seluruh gitaris Rusia baik abad ke 19 maupun abad ke-20. Gitar Rusia secara tradisional disetel untuk membuka not G besar.














12. Akustik gitar bass
Sejarah gitar Guitar classic | 
Sejarah gitar akustik | Sejarah Guitar acustic | Sejarah musisi
Akustik gitar bass
Gitar ini memiliki senar baja atau string gut dan sering tuning-nya sama dengan gitar bass listrik.

















13. Guitarrón
Sejarah gitar Guitar classic | Sejarah 
gitar akustik | Sejarah Guitar acustic | Sejarah musisi
Guitarrón adalah, bass yang sangat besar bertubuh akustik Meksiko terdiri dari 6-string, bermain di band mariachi. Alat ini adalah fretless dengan heavy nylon string gauge, dan biasanya dimainkan oleh Nada-nada double pada oktaf, yang difasilitasi dengan tuning yang tidak biasa A D G C E A.





14. Tenor guitars
Sejarah gitar Guitar classic | 
Sejarah gitar akustik | Sejarah Guitar acustic | Sejarah musisi
Tenor guitars
Sejumlah gitaris klasik di sebut dengan gitar Niibori prima sebuah "Tenor Guitar" dengan alasan bahwa bahwa gitar ini duduk pada nada antara alto dan bass. Pada rujukan lain, nama ini diambil untuk gitar 4-string dengan panjang skala 23 "(585 mm)-hampir sama sebagai Terz Guitar. tenor guitar disetel di nada se-perlima, CGDA,. Ini seperti banjo tenor dan cello. Rujukan lain lagi, bahwa gitar tenor diciptakan untuk memungkinkan pemain banjo tenor untuk mengikuti mode seperti evolusinya dari Dixieland Jazz menuju ke Jazz yang lebih progresif yang menghiasi gitar. Hal ini memungkinkan pemain tenor banjo untuk memberikan rhythm section berbasis gitar dengan sedikit pembelajaran. Suatu minoritas kecil dari pemain (seperti Nick Reynolds dari Trio Kingston) menutup nada instrument dengan D G B E untuk menghasilkan instrumen yang dalam yang bisa dimainkan dengan chord 4-nada bentuknya ditemukan di atas 4 string pada gitar atau ukulele. Nada dalam membuktikan tempat yang lebar yang ada pada banjo, dan nada tutup tenor tidak sama seutuhnya, nadanya bersih.

15. Harp guitars
Sejarah gitar Guitar classic | 
Sejarah gitar akustik | Sejarah Guitar acustic | Sejarah musisi
Harp guitars
Harpa Guitars sulit untuk digklasifikasikan karena ada banyak variasi dalam jenis gitar. Mereka biasanya langka dan jarang di scene musik populer. Sebagian besar terdiri dari gitar biasa, ditambah string 'kecapi' tambahan terbentang di atas enam senar normal. Instrumen ini biasanya berbebtuk akustik dan string kecapi biasanya disetel untuk nada lebih rendah dari senar gitar, untuk menambahkan rentang bass. Biasanya tidak ada fingerboard maupun frets di samping senar harpa. Sejumlah harpa sangat bervariasi, tergantung pada jenis gitar dan juga pilihan pribadi pemain (karena mereka sering dibuat untuk spesifikasi pemain) Gitar Pikasso;. 4 leher, 2 lubang suara, 42 string dan juga Oracle Harp Sympitar; 24 string (dengan 12 string simpatik menonjol melalui leher) merupakan contoh modern.



16. Extended-range guitars
Sejarah gitar Guitar classic | 
Sejarah gitar akustik | Sejarah Guitar acustic | Sejarah musisi
Extended-range guitars
Selama lebih dari satu abad gitar yang menampilkan tujuh, delapan, sembilan, sepuluh atau lebih string telah digunakan oleh minoritas gitaris sebagai sarana meningkatkan jangkauan pitch/nada yang tersedia bagi pemain. Biasanya, hal itu adalah bass string yang ditambahkan. Gitar klasik dengan berbagai perpanjangan rentang berguna untuk bermain repertoar kecapi, beberapa di antaranya ditulis untuk kecapi dengan lebih dari enam program/ setelan. sebagai contoh khususnya adalah 11 string archguitar, diciptakan dan dimainkan oleh Peter Blanchette.




17. Guitar battente
Sejarah gitar Guitar classic | 
Sejarah gitar akustik | Sejarah Guitar acustic | Sejarah musisi
Guitar battente
Battente ini lebih kecil dari gitar klasik, biasanya dimainkan dengan empat atau lima senar logam. Hal ini terutama digunakan di Calabria (sebuah daerah di Italia selatan) untuk mengiringi penyanyi.









Tidak ada komentar:

Poskan Komentar